Istiqomah dalam Hijrah, Ini Kiatnya

Berhijrah atau mulai kembali kepada kehidupan beragama–karena sebelumnya tidak terlalu peduli dengan aturan agama–memang bukanlah perkara mudah. Founder Berkah Mutiara Quran, Sayid Qutub al Hafiz, menjelaskan, ada lima kiat agar hijrah tidak gagal dan dapat beristiqamah dijalan agama.

Poin pertama adalah ikhlas karena Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya, setiap perbuatan tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan.

Oleh karena itu, barang siapa hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Tapi, barangsiapa hijrahnya karena dunia yang ingin ia dapatkan atau mendapatkan wanita yang ingin ia nikai, maka hijrahnya kepada apa yang dia inginkan itu.

Poin kedua adalah mencari lingkungan yang baik dan sahabat shalih. Dalam Quran Surat At-Taubah ayat 119, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur)”.

Sayid menuturkan, lingkungan menjadi dukungan terpenting ketika seseorang hendak berhijrah dan memantapkan diri untuk berkomitmen. “Hati manusia itu lemah, apalagi ketika sendiri, sehingga butuh dukungan dan saling menasehati antar sesama,” tutur lelaki yang kerap disebut sebagai ustaz zaman now ini.

Poin berikutnya, berburu ilmu syariat. Kini, ilmu semakin mudah diakses, baik secara menghadiri langsung majelis ilmu ataupun dengan mencarinya di internet. Tapi, juga dibutuhkan kehati-hatian dalam mencarinya, dan memastikan sumber yang diteirma bersifat shahih serta bisa dipertanggungjawabkan.

Kunci lain yang tidak kalah penting adalah tetap beramal sebagai buah ilmu. Amal merupakan tujuan seseorang berilmu, bukan sekadar wawasan. “Karenanya, kita diperintahkan tetap berusaha beramal meskipun sedikit dan ini hal paling dicintai oleh Allah,” ucap Sayid.

Poin terakhir, berdoa memohon keistiqomahan. Sayid menjelaskan, Quran Surat Al Imran ayat delapan bisa menjadi salah satu doa yang senantiasa diamalkan ketika seseorang hendak memantapkan diri untuk berhijrah.

Sumber: khazanah.republika.co.id

 

*******************************************

___________________________

Mau membantu Memasarkan ( Freelance Marketing )

Freelance-Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *