7 Hal yang Wajib Diperhatikan Seorang Pencari Ilmu

Menurut Imam az-Zarnuji, ada tujuh hal penting yang wajib diperhatikan oleh seorang pencari ilmu agar ilmu mudah dia dapatkan dan bermanfaat.

1. Kesungguhan Hati

Penuntut ilmu harus bersungguh hati dan terus menerus demikian. Seperti itulah petunjuk ALLAH SWT dalam firman-Nya: “Dan mereka yang berjuang untuk (mencari keridloan) kami niscaya akan kami tunjukan mereka kepada jalan kami…” (Q.S Al Ankabut: 69)

Ada kata mutiara: “Siapa bersungguh hati mencari sesuatu, pastilah ketemu; dan siapa mengetuk pintu bertubi-tubi, pastilah memasuki”.

Dikatakan lagi: “Sejauh mana kepayahanmu, sekian pula tercapai harapanmu”. Dengan kesungguhan, perkara jauh menjadi dekat. Pintu terkunci menjadi terbuka.

2. Kontinuitas Belajar

Tidak bisa tidak, pelajar hendaklah secara kontinu belajar dan mengulangi pelajaran yang telah lewat di awal dan akhir waktu malam, karena saat antara Maghrib dengan Isya dan waktu sahur (menjelang subuh) adalah saat-saat yang diberkahi ALLAH. Hendaknya pula memanfaatkan kesempatan belajar pada masa muda dan awal remajanya.

3. Menyantuni Diri Sendiri

Hendaklah tidak menforsir diri, tidak membuat dirinya lunglai sampai tidak kuat berbuat sesuatu, tapi hendaklah tetap menyantuni (menyayangi) diri sendiri.

Sikap santun adalah pangkal segala hal, sebagaimana Nabi SAW bersabda: “Sadarlah, bahwa Islam ini agama yang kokoh, maka perlakukanlah dirimu dengan santun dan jangan kamu perbuat ibadah kepada ALLAH untuk menyengsarakan dirimu; karena orang yang munbit (loyo dan ditinggal kendaraan) itu tidak sanggup lagi menerjang bumi dan tidak pula kendaraannya.”

Nabi SAW bersabda: “Dirimu adalah kendaraanmu, maka perlakukanlah dengan santun”.

4. Cita-cita Luhur

Penuntut ilmu harus bercita-cita tinggi dalam berilmu, karena manusia akan terbang dengan cita-citanya sebagaimana burung terbang dengan sayapnya.

Pangkal sukses adalah kesungguhan dan cita-cita yang tinggi. Dan sebaliknya, jika bercita-cita tinggi tetapi tiada kesungguhan, atau berkesungguhan tetapi tidak bercita-cita tinggi, maka ilmu yang diperoleh hanya sedikit.

5. Kemutlakan Ilmu

Dianjurkan, hendaklah penuntut ilmu memaksimalkan usaha menuju sukses, secara serius dan terus menerus dengan menghayati berbagai keunggulan ilmu. Sesungguhnya ilmu itu abadi sedangkan harta itu fana. Ilmu yang bermanfaat akan mengangkat reputasi seseorang, dan tetap harum namanya setelah ia meninggal; karena itu hidupnya tetap abadi.

Lezatnya ilmu, fiqih dan lezatnya kefahaman adalah cukup untuk menjadi motifasi bagi orang berakal untuk meraih sukses keilmuannya.

6. Mengurangi Kemalasan

Sikap kemalasan itu terkadang timbul dari akibat terlalu banyak lendir dahak dan cairan-cairan lain dalam tubuh. Sedang cara meminimalisir cairan tersebut adalah dengan mengurangi makan.

Ada disebutkan: “tujuh puluh Nabi bersepakat bahwa keseringan lupa itu akibat kebanyakan dahak, dan kebanyakan dahak disebabkan oleh kebanyakan minum air, dan kebanyakan minum air disebabkan terlalu banyak makan.

Bersiwak dapat mengurangi dahak, menambah kuat hafalan dan meningkatkan tingkat kefasihan; demikianlah bersiwak termasuk sunnah Nabi yang dapat menambah pahala shalat dan membaca Al-Qur’an.

7. Mengurangi Makan

Cara mengurangi makan adalah menghayati berbagai manfaat yang timbul dari minimasi makanan, antara lain kesehatan, terhindar dari yang haram dan care terhadap nasib orang lain.

Dan juga menghayati madlarat yang timbul akibat terlalu banyak makan, yaitu timbulnya berbagai penyakit dan bebal; ada kata mutiara menyebutkan “perut kenyang, kecerdasanpun hilang”

Cara lain untuk minimasi makan adalah menyantap makanan yang berlemak (mengandung zat pemuak), mendahulukan makanan yang halus lagi disukai, dan jangan makan bersama dengan orang yang sedang kelaparan; kecuali jika hal itu dilakukan untuk tujuan yang baik, semisal agar kuat puasa, shalat atau tugas-tugas berat lainnya, maka bolehlah demikian.

Sumber: harakahislamiyah.com

 

Mau membantu Memasarkan ( Freelance Marketing )

Freelance-Marketing

 | kpr syariah | perumahan syariah | rumah syariah | konsultan kpr syariah | simulasi kpr syariah | marketing perumahan syariah | agen perumahan syariah | perumahan syariah bandung | perumahan syariah bandung timur | perumahan syariah bandung selatan | perumahan syariah bandung barat | perumahan syariah bandung utara | perumahan syariah cimahi |

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *